Kamis, 11 Desember 2008

Fallout 3 for my PC

Fallout 3 must have game for RPGs Lovers !

Akhirnya ! fallout 3 datang juga, setelah sekian lama ditunggu-tunggu oleh para RPG mania. Tidak tanggung-tanggung game garapan bethesda (elder scroll IV : oblivion) ini di release untuk 3 platforms sekaligus yaitu PC, Xbox360 dan PS3.

Game yang mengambil setting DC masa depan post perang nuklir ini memiliki berbagai fitur unik seperti sistem “targetting” V.A.T.S serta berbagai perks yang unik. Dalam segi gameplay dan replay value pun saya rasa fallout 3 memiliki nilai yang cukup baik, sistem status (yang disingkat S.P.E.C.I.A.L) yang mempengaruhi skill serta luasnya map yang bisa dijelajahi dan banyaknya quest yang patut untuk dicicipi satu persatu mampu membuat seseorang ingin mencoba berbagai hal yang baru. Walaupun tidak open ended seperti oblivion namun banyaknya ending (tergantung dari banyaknya quest serta penyelesaian quest yang telah dilewati) cukup menarik untuk selalu dilihat.

Mari kita lihat gameplay secara garis besar. Pada saat dilahirkan (yap kita akan memulai game ini dari masa char kita dilahirkan) kita dapat melakukan kustomisasi penampilan serta nama char. yang kemudian akan disusul pembagian stat pada masa bayi. Status disini kita sebut dengan S.P.E.C.I.A.L yang merupakan singkatan dari Strength, Perception, Endurance, Charisma, Intellegence, Agility dan Luck yang mana setiap stat akan berpengaruh pada beberapa skill dan efek tambahan, seperti luck yang meningkatkan critical hit atau strength yang meningkatkan kemampuan membawa beban (weight limit). Kemudian pilihan senjata pada fallout 3 cukup beragam dan terbagi dalam 6 kategori yaitu :

Unarmed : seperti knuckle,power fist atau deathclaw,dll.

Melee weapons : switchblade, knife, sledgehammer, shishkebab, dll.

small guns : berbagai gun dan rifle.

Big guns : senjata kelas berat seperti rocket launcer, mini guns, flame thrower, dll.

Explosive : segala yang memiliki daya ledak seperti granat, mine, pulse mine, dll.

Energy Weapon : senjata-senjata yang menggunakan battry sebagai amunisi nya.

Kemudian apparel atau pakaian, disini terdapat 4 slot untuk pakaian, yaitu body, hat, glasses dan mask. Terdapat beberapa item yang merupakan hat+ glasses yang membutuhkan 2 slot. sedangkan untuk mask sendiri yang saya tahu hanya ada ghoul mask yang di dapat dari quest dan memiliki efek char tidak akan diserang oleh para ghoul.

Ngomong-ngomong soal ghoul pada dunia fallout 3 ini terdapat beberapa musuh antara lain :

para serangga seperti kecoa dan semut raksasa, para binatang yang termutasi, pada raider atau penjarah, serta yang memiliki kekuatan paling besar adalah super mutant.

Fallout 3 ini adalah game yang menarik dan saya rasa wajib dimiliki oleh semua pecinta RPG ! :)


Next : GTA IV (wohoo 4 dvd siapkan dompet dan spec pc anda)

Tidak ada komentar: